Friday 8 May 2015

Penjelasan Lengkap Mengenai HTML

Penjelasan Lengkap Mengenai HTML - Hyper Text Markup Language atau yang sering disebut dengan HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web, untuk menampilkan berbagai informasi dalam sebuah penjelajahan web internet.

HTML juga dapat digunakan sebagai link antara file dalam situs maupun komputer dengan menggunakan localhost atau bisa juga digunakan sebagai link penghubung antara situs-situs yang ada di internet.

Agar dapat menampilkan wujud yang terintegrasi maka pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII. Awalnya HTML merupakan sebuah bahasa yang banyak dipakai didunia percetakan dan penerbitan yang sring disebut dengan Standard Generalized Markup Language (SGML).

Tapi pada saat sekarang HTML merupakan standart internet yang didefinisikan dan dikendalikan pemakaiannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML sendiri dibuat pada tahun 1989 oleh Berners-lee Robert dan Caillau TIM pada saat mereka bekerja di CERN (Lembaga Penelitian Fisika Energi Tinggi di Jenewa)

Untuk menstransfer data atau dokumen dari web server ke web browser dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah protokol yang disebut dengan HTTP (Hypertext Transfer Protokol). Dengan adanya HTTP ini lah anda bisa menjelajah internet dan melihat halaman web.
Penjelasan Lengkap Mengenai HTML

Fungsi HTML

Secara spesifik HTML memiliki fungsi sebagai berikut
  1. Membuat halaman web
  2. Menampilkan berbagai informasi yang ada di browser internet
  3. Membuat link untuk menuju halaman web lain dengan hipertext tertentu
Dalam HTML terdapat tag tertentu yang memberi intruksi terhadap apa yang sedang di tuliskan. Contohnya jika anda ingin membuat Huruf Tebal. Maka penulisannya dilakukan dengan cara  <b> Huruf Tebal </b>. Kode <b> digunakan untuk mengaktifkan huruf tebal dan tanda </b> digunakan untuk mengakhiri huruf tebal.

Markah atau tanda pada HTML

  1. Struktural. Tanda yang menentukan sebuah tingkatan dari sebuah tulisan contohnya jika anda menulis <h1>Markah HTML</h1> makan akan menampilkan tulisan Markah HTML dengan tulisan yang besar dan tebal yang menujukan sebagai heading 1
  2. Presentasional. Tanda yang digunakan untuk menentukan sebuah tampilan tanpa dengan level pada tulisan tersebut contohnya <b> boldface </b> maka akan menampilkan tulisan yang tebal. Tanda presentasional pada saat sekarang ini sudah mulai di ganti dengan CSS yang tidak direkomendasikan untuk mengganti sebuah tampilan
  3. Hypertext. Merupakan tanda yang menampilkan sebuah link menuju link keluar atau pada dokumen tersebut contohnya < a href="http://www.kompucer.blogspot.com/">Kompucer</a> akan menampilkan tulisan Kompucer sebagai hiperlink yang menuju halaman tertentu.
  4. Elemen widget yang akan menampilkan objek-objek lain seperti garis horizontal (<hr>) list (<li>)
Mungkin sampai disini saja penjelasan mengenai HTML, semoga postingan ini dapat membantu anda yang sedang mempelajari dasar-dasar HTML.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home