Tuesday 21 April 2015

Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition

Sebelum kita membahas Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian dari keduannya, dan mengapa bisa semua partisi di laptop bisa berubah menjadi Simple Volume.

Saya akan memberika pengertian menurut saya saja ya? biasanya simple volume akan terdapat pada partisi yang baru kita buat sedangkan untuk primary partition merupakan partisi yang dapat di isi dengan sistem operasi atau dengan kata lain untuk menginstall sistem operasi harus pada partisi primary partition dan tidak bisa di lakukan di simple volume.

Lalu apa penyebab semua partisi bisa menjadi simple volume?

Berdasarkan pengalaman pribadi, salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak membuat partisi yang bertipe primary partition, sedangkan windows hanya membatasi hanya boleh ada 4 partisi yang bertipe primary partition dan jika ini dilanggar maka semua partisi yang ada pada komputer akan berubah menjadi simple volume.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Disini saya menggunakan sebuah software dan cara ini memang benar-bena saya terapkan dan berhasil. Jika diluar sana banyak yang menggunakan software EaseUS, saya jamin jika anda mengalami hal yang sama seperti saya menggunakan software EaseUS tersebut tidak akan berhasil, karena pada saat anda klik kanan maka anda tidak akan menemukan convert primary ataupun logical.

Setelah browsing kebeberapa situs dan beberapa halaman, akhirnyas saya menemui sebuah software yang berhasil mengatasi masalah ini. Nama softwarenya adalah Aomei Dynamic Disk Converter, software ini tidak free tapi anda bisa mendownloadnya di blog limashare.blogspot.com, di blog tersebut tersedia yang sudah free dan full.

Untuk caranya anda bisa ikuti langkah di bawah. Sebelumnya cara ini tidak akan menghapus data yang ada pada partisi anda.

1. Install aplikasi dan jalankan
2. Kemudian pada tampilan yang ada klik next.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition
3. Klik Method 1 dan klik next.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition
Ket :
Method 1 : untuk mengubah semua partisi menjadi primary
Method 2 : Untuk memilih partisi tertentu. Tapi method 2 ini tidak bisa di jalankan, berdasarkan pengalaman saya.

4. Kemudian beri cetang pada hardisk yang akan di ubah menjadi primary kemudian klik next. (gambar selanjutnya saya ambil dari google, karena partisi saya semuanya sudah berubah menjadi primary jadi nggak kedeteksi lagi)
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition

5. Kemudian anda beri cetang pada "i have decide execute this operation" dan klik proceed, lalu tunggu proses selesai dan restart.
Cara Mengubah Simple Volume Menjadi Primary Partition

Setelah komputer menyala kembali silahkan anda cek pada disk management apakah sudah berubah ke primary. Jika belum semuanya berubah (dibawah 4 partisi kalau 5 partisi tidak bisa semuanya jadi primary) untuk mengubahnya anda bisa menggunakan EaseUS, karena pada saat ini convert to primary sudah muncul.

Untuk download EaseUS, anda bisa juga kunjungi blog yang sudah saya bahas sebelumnya dan ketikan kata kuncinya.

Labels: , ,

2 Comments:

At 13 September 2015 at 07:19 , Blogger Unknown said...

gan, mau tanya apakah convert disk ini akan memformat disk juga.??
thanks...

 
At 18 August 2016 at 02:47 , Blogger Unknown said...

Enggak gan

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home