Tuesday 5 May 2015

Pilih Windows Atau Linux?

Pilih Windows Atau Linux? - Para pengguna komputer pemula pastinya akan lebih selektif untuk memilih sistem operasi yang akan di gunakan. Pada saat ini ada dua sistem operasi pc yang cukup terkenal menurut saya. Kedua sistem operasi tersebut adalah Windows dan Linux.

Windows dan Linux, cara penggunaanya memang bisa dibilang berbanding terbalik (jauh beda). Jadi, untuk memberi keyakinan terhadap anda, maka akan saya paparkan beberapa kelebihan dari Windows dan Linux tersebut.
Pilih Windows Atau Linux?

Kelebihan Linux

  1. Linux merupakan sistem operasi yang bebas, sehingga untuk menggunakannya anda tidak perlu membelinya.
  2. Jika sudah terbiasa, maka untuk menjalankan Linux bisa di bilang sangat mudah sekali, tidak seperti yang di bilang banyak orang bahwa menggunakan Linux itu susah.
  3. Hampir semua aplikasi yang ada di windows sudah terdapat di Linux.
  4. Kemanan yang ditawarkan Linux lebih unggul daripada windows. Hampir semua pengguna windows pasti pernah terserang virus, namun hal tersebut, tidak akan atau jarang terjadi untuk pengguna Linux, hal ini karena Linux sejak awal sudah di desain Multi-User sehingga jika virus sudah menjangkit user tertentu maka akan sangat sulit menjangkit dan menyebar pada user yang lain.
  5. Linux relatif stabil. Linux yang merupakan varian dari Unix yang terkenal sangat stabil, ternyata juga mewarisi kestabilan yang dimiliki Unix. Pengguna Linux akan sangat jarang sekali mengalami hang, ataupun harus restart jika terjadi kemacetan dalam menjalankan program.
  6. Linux memiliki kompatibilitas ke belakang yang lebih baik, sehingga jika komputer memiliki perangkat keras (Hardware) yang sudah lama maka akan tetap dapat menjalankan Linux.
Kelebihan Windows
  1. Merupakan sistem operasi yang paling user friendly, hal ini mungkin karena windows lebih mudah untuk diajarkan dan dipahami cara penggunaanya. Selain, itu juga banyak lembaga-lembaga yang mengajarkan tata cara penggunaan windows.
  2. Proses instalasi software sangat mudah dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.
Alasan Kenapa Banyak yang Memilih Windows dari pada Linux
  1. Tenaga Ahli Windows Lebih Banyak. Ini merupakan fakta bahwa kebanyakan orang lebih memahami windows dari pada Linux dan Windows juga lebih mudah untuk dikelola.
  2. Windows lebih mudah di operasikan dari pada Linux. Hal ini lah yang menyebabkan pemula lebih memilih Windows dan akan terbiasa dengan windows.
  3. Lebih Banyak Software Baru di Windows. Hal ini merupakan sebuah fakta, karena sudah di buktikan kebanyakan software lebih dirancang untuk Windows daripada untuk Linux.
  4. Hardware yang Terus Maju. Hardware yang semakin maju sehingga mematahkan kelebihan Linux yang mengutamakan pengguna hardware dengan kapasitas rendah. Jadi, jika hardware yang dimiliki memiliki kapasitas yang tinggi, untuk apa menggunakan linux dengan hardware yang lebih maju.
  5. Linux Terlalu Terburu-buru. Sangat sulit untuk mengikuti perkembangan dari linux. Setiap perkembangan baru mungkin belum diuji sehingga membuat perkembangan yang tidak konsisten.
Setelah membaca kelebihan dari masing-masing sistem operasi, sekarang saatnya anda untuk memilih sistem operasi mana yang menurut anda lebih baik.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home