Thursday 25 December 2014

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Hardisk merupakan komponen terpenting pada komputer, jika hardisk tidak ada maka komputer pun tidak akan bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Begitu pula dengan komponen komputer lainnya, juga sangat penting. Tanpa kerjasama komponen-komponen tersebut, komputer tidak akan bisa berjalan dan di operasikan.

Jadi, agar komputer/laptop dapat berumur panjang, hendaknya kalian merawat dan menjaga komputer/laptop serta komponen-komponennya dari bahaya yang akan menyerang. Salah satu masalah yang akan dialami komputer/laptop yaitu bad sector pada hardisk.

Terjadinya bad sector pada hardisk bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya arus listrik yang tidak stabil, power supply yang tidak bagus dan komputer/laptop yang dimatikan secara mendadak dengan menekan tombol power.

Untuk mencegah hardisk terkena bad sector, setidaknya anda harus menghindari hal-hal yang sudah saya sebutkan tadi, selain itu anda juga harus memperhatikan dan menyiapkan beberapa hal agar hardisk anda terhindar dari masalah bad sector. Ok, tanpa banyak bicara lagi langsung saja ke topik pembahasan.

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

1. Gunakan UPS Berkualitas
Sebaiknya dalam menggunakan UPS jangan asal-asalan, belilah UPS yang memang berkualitas dan tahan lama serta sudah umum digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan UPS atau stabillizer dapat mencegah matinya komputer secara mendadak jika terjadi pemadaman listrik.

2. Menjaga Suhu Casing
Panas yang berlebihan tidak baik bagi komputer/laptop dan komponen-komponennya termasuk hardisk. Jadi, usahakan agar anda mengoperasikan komputer di tempat yang memiliki suhu normal atau tidak terlalu panas, serta perhatikan juga casing jangan sampai ventilasi udara pada casing tertutup dan membuat panas terjebak di dalam casing.

3. Minimalkan Listrik Statis
Mungkin anda pernah merasa tersentrum saat memegang komputer, untuk menghindari hal ini sebaiknya anda membuat ground dari kabel yang disambungkan pada paku yang tertancap pada tembok atau tanah. Dalam membuat ground anda harus hati-hati dan ingat komputer harus dalam keadaan mati.

4. Hindari Goncangan Berlebihan
Goncangan yang berlebihan juga akan menimbulkan dampak buruk pada hardisk komputer atau laptop. Jadi, sebaiknya anda letakan komputer/laptop di tempat yang memang terhidar dari goncangan dan senggolan.

Untuk komputer, jika anda ingin memindahkannya sebaiknya anda matikan dulu dan kalau bisa lepaskan hardisknya dan letakan di tempat yang aman. Jika sudah selesai dipindahkan barulah anda pasang lagi hardisk tersebut.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan untuk mencegah terjadinya bad sector pada hardisk. Semoga Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin mengetahui kondisi kesehatan hardisk, anda bisa berkunjung kepostingan saya sebelumnya (Cara Cek Kondisi Kesehatan Hardisk)

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home