Wednesday 2 September 2015

Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah

Bios merupakan salah satu bagian penting yang terdapat pada laptop maupun komputer. Mungkin sobat pernah mengalami komputer tidak bisa booting. Nah, hal tersebut biasannya penyebabnya ada pada bios dan yang harus kita lakukan adalah meng-clear battery CMOS.
Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah

Mungkin untuk sebagian orang yang masih awam dengan komputer jika mengalami hal ini pasti akan langsung membawa komputer ke tempat servis. Dari pada kita buang-buang uang ke tempat servis lebih baik kita coba langkah berikut tips paling ampuh mereset bios

1. Lepas dan Pasang Battery CMOS

Untuk cara yang pertama ini sangatlah mudah, anda hanya perlu melepas battery CMOS selama 15 menit dan setelah itu silahkan anda pasang kembali batterynya.

Hal ini dilakukan agar setting Bios atau reset Bios kembali seperti pertama kali atau sering disebut dengan default pabrik.

2. Gunakan Jumper Motherboard Komputer

Hampir semua merek PC akan memiliki Jumper CMOS yang letaknya berdekatan dengan Battery CMOS. Jumper ini terdiri dari tiga PIN yang mana akan terhubung dengan PIN di bagian tengah dan dengan salah satu PIN yang lain.

Untuk mereset Bios dengan menggunakan Jumper caranya anda harus melepaskan Jumper dan hubunngkan PIN yang tengah dengan PIN lainnya secara berlawanan. Misalnya awalnya PIN yang tengah berpasangan dengan PIN yang sebelah kanan, maka yang anda lakukan adalah melepaskannya dan hubungkan dengan yang sebelah kiri, kemudian tunggu hingga 8 menit dan kembalikan ke keadaan awal.

Saya kira ini saja yang dapat saya bagikan mengenai Cara Mereset Bios Motherboard, semoga ini bermanfaat dan membantu anda.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home