Thursday 25 December 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot

Laptop atau komputer yang lambat memang sangat menyebalkan dan sangat merugikan pengguna, karena dengan lambatnya kinerja komputer dapat membuat pekerjaan jadi tebengkalai dan tak kunjung selesai.

Biasanya komputer lemot alias lambat ini disebabkan oleh beberapa faktor, maka dari itu disini saya akan membagikan beberapa faktor yang bisa membuat komputer anda menjadi lambat. Tentunya tidak akan lengkap jika hanya penyebabnya saja yang dibagikan, maka dari itu saya juga akan membagikan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot

Silahkan anda baca, pahami dan terapkan cara dibawah pada komputer anda yang lemot. Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot 

1.Terlalu Besarnya File Temp
Ketika anda mengonkesikan komputer keinternet dan mengakses internet dengan komputer tersebut maka komputer akan melakukan penyimpanan data kedalam folder temp. Jika ini terjadi terus menerus dan tidak dibersihkan maka folder temp akan menjadi besar dan bisa memperlambat kinerja komputer.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa membersihkan foder temp, salah satu caranya yaitu menggunakan software Ccleaner, silahkan anda download fileny di situs lain karena disini saya tidak akan memberikan link download.

Cara menggunakan Ccleaner yaitu anda buka softwarenya - klik analyze - tunggu proses selesai - run cleaner.

2. Terlalu Banyak Menginstall Program
Biasanya hal ini kurang diperhatikan, kebanyakan orang suka menginstall software-software yang tidak di butuhkan dan digunakan untuk pekerjaannya. Sehingga ketika komputer dinyalakan, program yang sudah terinstall tersebut juga ikut aktif dan mengakibatkan komputer menjadi lambat saat akan di hidupkan. Untuk mengatasi hal ini anda bisa uninstall software-software yang dianggap tidak penting.

3. Banyaknya Progran yang Berjalan Saat Startup
Jika anda sudah menguninstall software namun masih lemot juga coba anda lihat program apa saja yang berjalan pada startup. Jika terlalu banyak maka anda kurangi caranya tekan lambang windows + tombol R pada keyboard dan akan muncul sebuah jendela lalu ketikan msconfig, tekan enter. Pada jendela yang terbuka klik tab starup dan silahkan anda hilangkan tanda ceklis pada program yang tidak anda inginkan berjalan pada saat proses startup.

4. Spesifikasi Komputer Terlalu Rendah dari Program yang di Jalankan
Jika anda menjalankan sebuah program atau bermain game, lalu tiba-tiba komputer terasa lambat. Berarti bisa jadi spesifikasi program tersebut terlalu besar sehingga komputer anda tidak bisa menjalankannnya. Jadi, sebelum menginstall dan menjalankan sebuah program, silahkan anda lihat dulu spesifikasinya.

5. Kerusakan Komponen Komputer
Jika komponen komputer rusak maka bisa juga menyebabkan komputer anda menjadi lambat, contohnya saja jika hardisk rusak misalnya terkena bad sector maka komputer akan melambat. Jadi, sebelum terkena bad sector anda jagalah hardisk anda dengan benar. Silahkan baca Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

6. Komputer Terinfeksi Virus
Virus juga bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Karena virus akan bekerja saat komputer dinyalakan. Untuk anda yang ingin tahu apakah komputer anda terjangkit virus silahkan baca
Tanda-Tanda Komputer Terjangkit Virus

7. Banyaknya Program Security yang Terinstall
Untuk menghindari virus biasanya para pengguna komputer akan menginstall antivirus terlalu banyak. Padahal terlalu banyal menginstall antivirus bisa membuat kinerja kompute melambat karena antivirus tersebut akan selalu berjalan untuk melindungi komputer saat komputer dinyalakan. Jadi, install lah antivirus yang di anggap paling ampuh dan update lah secara berkala, dengan satu antivirus yang paling baik dan sering di update maka kemungkinan terjangkit virus sangat kecil.

Mungkin itu saja yang dapat saya bahas mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot, semoga ini bisa membantu anda dalam mengatasi komputer anda yang lemot dan semoga kinerja komputer anda menjadi lebih baik lagi.

Labels: ,

1 Comments:

At 16 May 2015 at 09:35 , Blogger Unknown said...

Makasih sob untuk tipsnya, sangat membantu :)
http://goo.gl/9JhOxi

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home