Thursday 18 December 2014

Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis jaringan Komputer

Sebagai pengguna komputer, pastinyan anda juga pernah ingin mengetahui apa saja jenis-jenis jaringan komputer dan manfaatnya bukan?, maka dari itu pada postingan kali ini saya sebagai admin dari blog kompucer yang memang membahas mengenai komputer, akan berbagi sedikit tentang pengertian, manfaat dan jenis-jenis jaringan komputer.

Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai komputer, ada baiknya saya jelaskan dulu apa yang dimaksud dengan komputer itu sendiri. Kalau saya sendiri sering mengartikan komputer adalah kumpulan beberapa komponen seperti motherboard, prosesor dan yang lainnya yang saling bekerja sama sehingga dapat di gunakan untuk mengelolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan.
Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis jaringan Komputer

Setelah membahas mengenai pengertian komputer, sekarang saatnya saya akan membahas ke topik yang sesuai dengan judul.

Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari gabungan berbagai macam komponen komputer sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi, berbagi sumber daya dan mengakses informasi antara komputer satu dan yang lainnya di berbagai tempat.

Manfaat jaringan komputer
1. Sebagai sarana untuk pertukaran data dan berbagi sumber daya
2. Dapat mempermudah komunikasi antara angota satu dan yang lain
3. Agar akses informasi dapat diterima anggota secara bersamaan
4. Agar semua anggota dapat mengakses informasi secara cepat

Jenis-jenis jaringan komputer
Ada berbagai macam jenis jaringan komputer yang dapat ditinjau dari berbagai macam aspek. Berikut jenis-jenis dari jaringan komputer

Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya
1. LAN (Local Area Network)
Luas jangkauan jaringan LAN cukup sempit dan hanya bisa menghubungkan beberapa komputer dengan jarak dekat. Jaringan ini biasanya hanya terdiri dari komputer, printer dan beberapa perangkat lainnya. Jenis jaringan ini digunakan kampus, perkantoran dan warnet serta tempat-tempat yang memiliki jarak yang dekat.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan ini memiliki jangkauan yang kebih luas dari LAN, memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi dan dapat memiliki jangkauan sekitar 50 KM. Biasanya jaringan ini sering digunakan oleh perusahaan dan sekolah yang memiliki jarak yang cukup jauh seperti antarkota.

3. WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN ini jangkauannya sangat luas yaitu bisa mencapai satu wilayah bahkan antar negara. Sebenarnya WAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN yang tedapat dibeberapa lokasi dan dibutukan device untuk menghubungkannya. Biasanya device tersebut kita sebut dengan router

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya
1. Client - Server
Jaringan komputer yang terdiri dari komputer khusus yaitu komputer client dan komputer server. Untuk layanan ini bisa diberikan untuk satu atau lebih komputer.

2. Peer To Peer
Jaringan komputer yang seluruh perangkatnya memiliki basis dan tugas yang sama. Maksudnya semua komputer bisa menjadi server dan client secara bersamaan

Jenis-jensi jaringan komputer berdasarkan topologi
1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan media transisi
1. Jaringan berkabel (Wired Network)
yaitu jaringan komputer yang menggunakan kabel saat ingin membagikan data ke komputer yang lainnya.

2. Jaringan nirkabel (Wireless Network)
Jaringan komputer yang melakukan pertukaran data dan informasi tanpa dibantu dengan kabel, tetapi menggunakan bantuan gelombang elektromagnetik.

Selesai sudah postingan di blog kompucer mengenai Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis jaringan Komputer, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home