Thursday 1 January 2015

Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Bagaimana cara memilih hardisk eksternal?, mungkin pertanyaan ini sudah anda tanyakan ke beberapat teman anda dan orang yang sudah anda anggap paham pada bindang ini. Namun, setelah bertanya ke orang-orang tersebut anda masih merasa tidak puas dan betanya pada mbah google dan akhirnya masuk deh ke blog ini.

Hardisk eksternal maupun internal itu sama pentingnya, jadi kita harus lebih hati-hati dalam memilih hardisk karena hardisk merupakan media penyimpanan data. Kalau salah-salah dalam memilih hardisk bisa jadi hardisk tersebut tidak berkualitas dan cepat rusak. Disini yang terpenting bukan hardisk-nya tapi data yang kita simpan didalam hardisk. Kalau hardisk rusak, otomatis data yang ada didalammnya juga ikut hilang bukan?

Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Lalu bagaimana cara memilih hardisk eksternal yang bagus?. Dari pada anda bingung, mari disimak beberapa tips untuk memilih hardisk eksternal dibawah ini

1. Perhatikan Merek Hardisk
Belilah hardisk esternal yang memiliki merek terkenal dan ternama, karena hardisk yang memiliki merek ternama akan dapat lebih dipercaya dibandingkan dengan hardisk yang mereknya kurang terkenal dan tentunya hardisk dengan merek terkenal akan lebih mahal harganya. Tapi tidak apalah merogeh kocek lebih dalam, dari pada harga yang murah tapi tidak dijamin kualitasnya, nanti yang rugi anda sendiri juga kan? data-data dalam hardisk hilang. Biasanya merek yang terkenal diantaranya Toshiba, Samsung, dan Son.

2. Kapasitas
Hal ini wajib anda pertimbangkan. Sesuaikan kebutuhan anda dengan kapasitas hardisk eksternal yang akan dibeli. Jika anda hoby mengoleksi film sebaiknya beli hardisk eksternal dengan kapasitas yang lumayan besar. Karena semakin besar kapasitas hardis hardisk biasanya akan semakin murah harganya jika dihitung dari kelipatan. Misalnya hardisk 500 GB memiliki harga 700 ribu dan yang 1 TB (dua kali lipat dari 500 GB) harganya 1 juta.

3. Kecepatan Rotasi
Kecepatan rotasi pada piringan hardisk juga harus anda perhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada kecepatan menulis dan membaca pada hardisk. Semakin cepat kecepatan rotasi yang anda pilih akan semakin bagus.

4. Konektivitas
Jika port USB laptop anda sudah mendukung 3.0 (port usb yang didalamnya berwarna biru) sebaiknya anda pertimbangkan untuk membeli hardisk yang mendukung koneksi 3.0 karena jika anda menggunakan hardisk tersebut, anda akan sangat beruntung karena dapat menstrasfer data dengan kecepatan 10 kali lipat dibandingkan dengan hardisk yang mendukung 2.0.

Serta perhatika juga bahwa hardisk eksternal anda mendukung koneksi via port Thunderbolt, karena kemampuan ini lebih cepat 2 kali lipat dibandingan dengan 3.0. Kalau anda menggunakan laptop Apple yang terbaru, anda sudah bisa menggunakan koneksi port Thunderbolt.

5. Bentuk dan Casing
Sebaiknya anda memilih hardisk dengan warna yang anda sukai, jika memilih hardisk yang casingnya berbahan plastik maka pilihlah casing dengan kualitas plastik yang bagus, memiliki tata yang bagus sehingga dapat meminimalkan efek benturan yang keras karena hardisk sangat rawan terjadap benturan dan ini hanya tambahan saja jika anda memiliki uang yang lebih sebaiknya membeli hardisk dengan casing yang licin dan berbahan glossy.

6. Fitur
Untuk langkah terakhir yang perlu anda perhatikan dalam memilih hardisk eksternal yaitu fiturnya, sebaiknya anda sesuaikan fitur yang ada dengan kebutuhan anda. Untuk fitur yang wajib ada pada hardisk eksternal adalah backup dan password protection.

Sampai disini saja tips mengenai Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus. Bagaimana apakah anda sudah siap untuk memilih dan membeli hardisk? silahkan beli dan jangan ragu-ragu lagi.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home