Monday 29 December 2014

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

Bad sector pada hardisk merupakan suatu keadaan dimana hardisk tidak dapat di gunakan lagi sebagai tempat penyimpanan karena akibat dari rusaknya satu sektor pada hardisk tersebut. Dampak terkecil yang dapat anda terima dari bad sector ini yaitu komputer akan menjadi lambat ketika di operasikan.

Bad sector pada hardisk terbagi menjadi dua jenis yaitu soft bad sector dan hard bad sector atau dengan nama lain biasa disebut dengan logical bad sector dan physical bad sector. Apakah anda ingin mengetahui lebih jelas dua jenis bad sector tersebut?, jika ingin silahkan baca penjelasan yang kebih rinci mengenai hard dan soft bad sector berikut

Hard Bad Sector
Jika hardisk sudah terkena hard bad sector, hardisk tidak akan bisa diperbaiki lagi, karena hard bad sector merupakan kerusakan dalam bentuk fisik atau pada hardware hardisknya. Hard bad sector terjadi karena Head Crash, yaitu suatu kondisi dimana terjadi kontak antara head hardisk dengan platter sehingga menimbulkan kerusakan secara permanen. Selain itu, hard bad sector juga bisa disebabkan karena cacat produksi, maksudnya hardisk tersebut sudah mengalami kerusakan dan dijual di toko, jadi untuk menghindari hal ini sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih hardisk.

Soft Bad Sector
Anda masih bisa dibilang beruntung jika hardisk komputer anda hanya terkena Soft Bad Sector, karena kalau terkena bad sector jenis ini, hardisk masih bisa diperbaiki dengan sebuah software yang disediakan oleh windows yaitu "Chkdsk", sehingga jika anda ingin memperbaikinya pun anda tidak perlu susah-susah untuk mendownload softwarenya. Untuk meperbaiki hardis dengan menggunakan tool tersebut, silahkan ikuti langkah dibawah

1. Klik windows explorer atau tekan lambang windows + huruf R pada keyboard
2. Klik kanan pada hadisk yang ingin diperbaiki dan pilih properties
3. Klik tab "tool". Kemudian pada bagian error checking klik "check now"

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

4. Ceklis pada bagian bawah dan klik start

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

5. Setelah proses selesai maka komputer akan restart
6. Sebaiknya anda melakukan cara ini jika komputer sedang tidak digunakan. Karena proses ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Begitulah Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk. Jika anda tidak ingin hardisk komputer anda terkena bad sector sebaiknya anda baca postingan saya yang ini (Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector)

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home