Tuesday 8 September 2015

Cara Mengatasi Micro SD Card Tidak Terbaca

Memory handphone atau yang memiliki nama panggila Micro SD, terkadang bisa mengalami yang namanya error. Menurut pengalaman saya sendiri, biasanya memory card ini error disebabkan karena kapasitas penyimpanan yang terlalu penuh. Saya berani mengatakan begini karena 2 memory yang saya miliki error dikarenakan kepenuhan oleh data-data pribadi .
Cara Mengatasi Micro SD Card Tidak Terbaca

Jadi,untuk mengatasi hal tersebut sudah saya coba sendiri beberapa lagkah berikut dan alhamdulillah berhasil hehehe. Mungkin karena hari keberuntungan saya kali. Ok, langsung aja jika memory sobat juga mengalami error atau tidak bisa terbaca silahkan ikuti cara berikut

Cara Pertama
1. Lepaskan memory dan kemudian bersihkan dengan menggunakan penghapus (usahakan penghapus putih yang karet) pada permukaan yag berwarna kuning,
2. Bersihkan secara merata dan teliti.
3. Jika sudah selesai kemudian pasang dan coba nyalakan kembali handphone anda.
4. Jika masih belum terbaca coba restart sekali lagi.

Jika cara di atas masih belum berhasil, disini saya masih menyediakan cara kedua. Beberapa hal yang harus anda miliki di cara kedua ini yaitu card reader/ modem yang ada tempat memorynya dan komputer/ laptop.

Cara Kedua
1. Pasangkan Micro SD ke Card Reader atau benda yang lain yang dapat menyambungkan ke komputer/ laptop.
2. Jika sudah terhubung klik kanan pada drive memory card.
3. Lalu pada menu Tab anda pilih tool setelah itu klik Check Now.
4. Lalu silahkan anda beri cetang pada automatically check system dan scan for and attempt recovery of bad sector.
5. Tunggu hingga proses selesai.
6. Jika sudah silahkan di pasangkan kembali ke handphone sobat.

Saya kira itu saja yang dapat saya bagikan untuk mengatasi masalah memory error atau tidak terbaca ini. Untuk metode pencegahan sebaiknya memory jangan di isi data hingga penuh dan jangan terlalu sering lepas pasang memory.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home