Thursday 18 December 2014

Cara Mengatasi Sound Laptop Mati

Kali ini saya akan membahas mengenai permasalah laptop atau komputer lagi, tentunya tidak hanya membahas permasalahannya saja, melainkan dilengkapi dengan solusinya. Permasalahan yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai sound laptop yang mati.

Pastinya anda mengalami masalah ini kan sekarang?, kalau tidak ngapain anda berkunjung ke postingan saya yang ini. Ya sudah, anda tidak perlu khawatir, hal ini merupakan masalah yang tidak begitu parah tapi jika masalahnya pada software. Namun, jika pada hardware ini yang susah, bisa-bisa harus bongkar atau bahkan harus ganti yang baru.

Anda jangan berburuk sangka dulu, coba anda perhatikan poin-poin yang akan saya bagikan di bawah dan ikuti langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Sound Laptop Mati

Cara Mengatasi Sound Laptop Mati

1.  Periksa apakah sound sudah terinstall
Untuk memeriksa apakah sound laptop sudah terinstall dapat dilakukan dengan cara membuka device manager. Disini saya akan memberikan dua langkah yang berbeda namun dengan tujuan yang sama yaitu sama-sama mencapai ke device manager
  • Buka windows eksplorer - klik kanan pada komputer - klik manage - pilih device manager. Atau
  • Klik control panel - pada kolom pencarian ketikan device manager - setelah ketemu pencarian device manager silahkan anda klik.
Setelah masuk jendela device manager, klik sound, video and game controllers dan pastikan sound sudah terinstall

2. Install Driver
Jika anda tidak menemukan sound yang terinstall, maka silahkan anda install driver bawaan komputer atau mendownload secara langsung.

3. Pastikan Driver Terinstall
Cek dan pastikan pengaturan pada software driver. Misalnya ketika sedang menggunakan "realtek audio manager". Pada saat anda memasang speaker atau headset pada laptop, maka akan muncul pemberitahuan yang memerintahkan anda untuk memilih jenis device yang sesuai dengan perangkat yang baru saja anda pasang.

4. Cek Dengan Menggunakan Headset Dan SpeakerMisalnya pada saat anda mendengarkan lagu menggunakan sound laptop lalu suaranya tidak keluar, yang anda harus lakukan adalah mencoba mendengarkan lagu dengan menggunakan headset atau speaker. Jika suaranya ada saat menggunakan headset atau speaker, berarti yang rusak sound laptop anda.

5. Menggunakan Batuan Dari Troubleshooter Windows
Kegunaan tool ini adalah untuk mengecek masalah yang terjadi pada laptop dan komputer anda. Tool ini yang menyediakan adalah windows. Untuk menggunakan bantuan dari tool ini silahkan anda klik link ini http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596. Lalu pilih open with diagnostics troubleshooting wizard dan klik ok. Tujuan dari tool ini agar anda dapat mengetahui masalah yang terjadi pada komputer anda dan dapat mengatasi masalah yang terjadi.

Nah, selesai sudah pembahasan mengenai masalah komputer mengenai Sound Laptop Mati, semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home