Thursday 18 December 2014

Penyebab Not Responding Pada Komputer/Laptop

Komputer atau laptop merupakan sebuah benda yang dapat mengurangi beban pekerjaan manusia. Namun, terkadang laptop atau komputer ini juga dapat mengalami masalah salah satu masalahnya yaitu ngehang atau not responding.

Ya, wajar-wajar saja lah laptop sering mengalami masalah. Toh kan yang buat laptop juga manusia pasti ada kekurangannya juga. Tapi kalau sekali atau beberapa kali terjadi not responding masih wajarlah. Namun, kalau berulang-ulang kali dalam satu jam bahkan sering. Nah, ini yang harus di pertanyakan.

Selain itu dengan seringnya terjadi not responding, juga dapat membuat pekerjaan yang sedang kita lakukan terbengkalai, misalnya pada saat anda sedang mengetik di microsoft word, lalu tiba-tiba terjadi not responding dan program tertutup atau minta di close, kan hal ini akan merugikan kita, sudah capek ngetik filenya nggak ke save.

Kasus not responding ini bisa terjadi akibat hardware dan software komputer yang mengalami masalah maupun sudah rusak. Selain hardware dan software ada juga penyebab lain. Untuk lebih jelasnya ada bisa baca lebih lanjut postingan kali ini.
Penyebab Not Responding Pada Komputer/Laptop

Penyebab Not Responding Pada Komputer/Laptop

1. Shortcut aplikasi pada desktop yang terlalu banyak
Shortcut aplikasi pada desktop yang terlalu banyak ini juga dapat menyebabkan terjadinya not responding pada komputer/laptop. Apalag kalau shortcut tersebut tidak pernah di gunakan. Jadi, sebaiknya hilangkan saja shortcut yang di anggap tidak penting.

2. Aplikasi yang terlalu banyak
Dengan banyaknya aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop anda, dapat menyebabkan kinerja komputer atau laptop menjadi lebih lambat dan berat saat ingin menjalankan sebuah aplikasi. Jadi, sebaiknya anda uninstall saja beberapa aplikasi yang di anggap tidak penting.

3. Memasang pernak penik yang tidak dibutuhkan
Memasang pernak pernik yang di anggap dapat memepercantik tampilan dekstop komputer atau laptop juga dapat menyebabkan not responding. Karena jika anda memasang tampilan yang berelebihan, maka yang akan berkerja keras adala RAM. Jika RAM yang anda gunakan tidak sepadan dengan pernak pernik tersebut maka akan memperlambat kinerja komputer dan membuat not responding.

Pernak pernik tersebut seperti widget jam, skin pack dan yang lainnya yang di anggap kurang bermanfaat. Namun, digunakan untuk tujuan menghias saja.

4. Hardisk yang rusak
Hardisk yang rusak juga dapat membuat komputer/laptop sering mengalami not responding. Karena kinerja hardisk yang rusak akan berkurang bahkan tidak dapat berfungsi sehingga proses meload hardisk pun akan berlangsung sangat lama.

Biasanya hardisk yang rusak ini disebabkan karena sering install ulang os, install software yang berlebihan dan tidak diperlukan, hardisk terbentur dan banyak penyebab yang lain lagi yang memnyebabkan hardisk menjadi rusak.

5. Sistem operasi rusak
Salah satu penyebab terjadinya not responding ini adalah sistem operasi yang rusak. Rusaknya sistem operasi ini bisa disebabkan oleh virus. Untuk menghilangkah virus tersebut bisa di scan dengan antivirus yang terbaik dan terupdate. Namun, jika tidak berhasil cara terakhir yang paling ampuh adalah dengan melakukan install ulang. Tapi saya sarankan jangan sering melakukan install ulang karena install ulang juga tidak baik bagi hardisk komputer/laptop.

Selesai sudah postingan mengenai Penyebab Not Responding Pada Komputer/Laptop dan cara mengatasinya, semoga postingan kali ini membantu anda yang mengalami masalah Not Responding Pada Komputer/Laptop.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home