Tuesday 20 January 2015

Cara Memperkuat Sistem Komputer

Agar sistem komputer kita tidak diserang oleh virus, baik itu virus malware, trojan dan program lainnya. Maka yang kita lakukan adalah memerkuat sistem pada komputer tersebut. Masing-masing orang memiliki komputer dengan sistem ketahanan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki komputer dengan sistem pertahanan yang kuat dan sebaliknya.

Terkadang seseorang sudah berusaha untuk melindungi sistem komputernya seperti dengan menginstall dua antivirus sekaligus dalam satu komputer/laptop, tapi walaupun begitu terkadang tetap saja komputer bisa di serang dan di infeksi virus. Biasanya akibat dari menginstall antivirus berlebihan itu dapat menyebabkan komputer menjadi sangat lambat saat di akses.

Cara Memperkuat Sistem Komputer

Lalu bagaimana cara memperkuat sistem komputer?, jika anda ingin memperkukat sistem pada komputer anda, silahkan anda baca pembahasan di bawah ini.

1. Cek komputer secara berkala, misalnya dengan melakukan windows update secara berkala, hal ini bertujuan agar sistem komputer menjadi kuat dan juga memiliki patch-patch terbaru dari windows.

2. Aktifkan semua file yang terhidden, hal ini bertujuan agar tidak ada file virus yang tersembunyi. Untuk cara menampilkan file yang tersembunyi silahkan baca Cara Menampilkan File Tersembunyi

3. Lakukan pengecekan pada browser yang digunakan untuk internetan, karena terkadang virus juga bisa menginfeksi melalui pop up pada browser. Jadi untuk menghindari hal ini atur browser agar tidak bisa menampilkan iklan pop up dan juga update browser anda secara berkala.

4. Ketika anda menerima file email attachment, sebaiknya anda perhatikan siapa pengirimnya. Jika anda tidak kenal, ada baiknya anda jangan membuka email tersebut, karena melalui file email attachment juga dapat menirim virus.

5. Bagi anda pengguna windows xp, sebaiknya menggunakan xp security monitor, tambahan patch ini terdapat pada windows xp sp2, fungsi dari xp security monitor ini ialah untuk memberikan pemberitahuan agar anda mengupdate antivirus yang belum terupdate.

6. Back up data-data yang anda miliki secara rutin, hal ini berujuan agar anda tidak kehilangan data ketika komputer dan data yang anda miliki terinfeksi virus.

7. Jika anda sering chatting atau pun suka bermain di media sosial dan ada orang yang mengirim link kepada anda, sebaiknya jangan anda buka karena bisa jadi link tersebut mengarah ke situs yang berisi malware yang dapat menysup ke komputer anda.

Begitulah kira-kira cara yang dapat anda lakukan untuk memperkuat sistem komputer milik anda. Saya kira sampai disini saja pembahasa mengenai Cara Memperkuat Sistem Komputer, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan membantu anda yang membacanya.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home