Friday 30 January 2015

Cara Mengatasi Windows Can Only be Installed to GPT Disks

Untuk laptop atau notebook keluaran baru biasanya akan menggunakan setting Bios UEFI. Dengan begitu, maka laptop atau note book tidak akan bisa di install dengan sistem operasi lain, jika anda tetap mencoba menginstall maka notebook atau laptop akan masuk ke windows.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada saat masuk ke bios anda ganti UEFI yang ada pada tab Boot menjadi Legacy. Namun, sampai disini masalah yang akan anda hadapi belumlah selesai, karena masih ada lagi masalah yang akan menghadang proses penginstallan yang anda akan lakukan, yaitu anda tidak akan bisa melanjutkan pada saat pemilihan hardisk karena hardisk anda menjadi GPT Partition Style. Untuk lebih jelasnya berikut gambarnya.

Cara Mengatasi Windows Can Only be Installed to GPT Disks

Gambar tersebut saya ambil dari google, karena saya tidak tahu bagaimana screen shoot layar pada saat melakukan penginstallan dan saya juga tidak mempunyai kamera yang dapat mendukung untuk membuat screen shot.

Jika anda ingin mengatasi Windows Can Only be Installed to GPT Disks, silahkan anda ikuti langkah di bawah ini. Langkah ini sudah saya terapkan sendiri dan berhasil. Namun, sebelum melakukan, ada baiknya anda backup data anda karena semua data tersebut akan terhapus. Untuk langkahnya caranya ikuti langkah yang sudah saya berikan di bawah

1. Pada langkah pemilihan partisi atau pada bagian awal meginstall windows anda tekan Shift + 10. maka akan muncul jendela CMD.
2. Ketikan diskpart dan tekan enter
3. Ketikan list disk dan tekan enter.
4. Maka akan muncul semua partisi yang ada. Coba anda lihat partisi keberapa yang memiliki tanda bintang.

Cara Mengatasi Windows Can Only be Installed to GPT Disks

5. Lalu ketikan select disk 1 (sesuai dengan contoh diatas yang memiliki tanda bintang di 1) Jika pada notebook anda bukan di 1 anda tinggal mengganti dengan angka yang sesuai dengan nomor disk pada notebook atau laptop anda.

6. Setelah itu ketikan clean dan tekan enter.
7. Sekarang ketikan exit dan tekan enter
8. Silahkan tutup program cmd yang sedang berjalan.
9. Setelah semua proses yang anda lakukan benar, maka pada tampilan pemilihan partisi hanya ada satu partisi saja. Karena semua partisi sudah terhapus dan dijadikan satu.

Sampai disini anda sudah berhasil Mengatasi Windows Can Only be Installed to GPT Disks, dan selanjutnya silahkan anda install seperti biasa.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home