Sunday 4 January 2015

Cara Mempercepat Startup Komputer

Pada saat komputer anda mengalami proses yang sangat lama saat di hidupkan pastinya anda akan merasa khawatir dan bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab hal tersebut. Selain itu lamanya proses komputer menyala juga bisa membuat kita pemilik komputer merasa bosan dan jengkel.

Lalu apakah yang menjadi penyebab startup pada komputer menjadi sangat lama?. Pada saat komputer di nyalakan, sistem akan meload program-program yang ada pada komputer untuk ditampilkan pada windows, jika semakin banyak program yang terdapat pada sistem maka semakin banyak pula program yang dimuat oleh komputer maka hal ini lah yang dapat membuat komputer menjadi sangat lama saat akan dinyalakan.

Lalu bagaimana cara agar proses startup berjalan dengan cepat?, untuk caranya cukup mudah sekali, hal yang pertama anda lakukan adalah pastikan bahwa software yang terinstall pada kompute anda adalah software yang benar-benar penting. Jadi, dengan kata lain jika ada software yang tidak digunakan atau tidak penting sebaiknya anda uninstall saja.

Selain meng-uninstall software anda juga bisa mengurang aplikasi yang menyala bersamaan dengan proses startup. Untuk menguranginya anda bisa ikuti langkah dibawah ini

1. Tekan tombol yang berlambang windows  + R pada keyboard
2. Pada jendela yang muncul ketikan msconfig dan klik ok

Cara Mempercepat Startup Komputer

3. Akan muncul jendela System Configurasi, silahkan anda klik tap Startup.
4. Hilangkan centang pada aplikasi yang anda anggap tidak perlu menyala pada saat proses startup. Jika anda ingin menghilangkan semua cetangan anda tinggal mengklik disable all.

Cara Mempercepat Startup Komputer
5. Klik apply dan ok.

Dengan menerapkan dua  cara yang saya berikan di atas, akan membuat komputer anda terasa lebih ringan saat dinyalakan. Walaupun efeknya tidak terlalu besar tetapi setidaknya akan lebih mempercepat sedikit dibandingkan sebelumnya,

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home