Sunday 7 February 2016

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Hampir semua para pengguna komputer, laptop dan tablet pc menggunakan sistem operasi windows, bahkan di Indonesia sendiri hampir semua mayoritas penduduk menggunakan produk buatan perusahaan raksasa microsoft ini.

Pada saat sekarang sudah banyak jenis windows yang sudah diluncurkan oleh microsoft, diantaranya yang sering dipakai di Indonesia adalan windows 7, 8 dan 10. Dalam satu jenis windows tersebut terdapat 2 jenis basis sistem yaitu diantaranya 32bit dan 64bit.
Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Terkadang beberapa pengguna tidak peduli dengan basis sistem tersebut dan asal saja menginstal sistem operasi, Padahal pada kedua basis sistem memiliki perbedaan dimana jika salah penggunaan maka akan menghambat kinerja komputer yang di pakai.

Untuk lebih paham mengenai windows 32bit dan 64bit ini ada baiknya kita pelajari bersama-sama perbedaan sekaligus kelebihan dan kekurangan dari masing-masing basis sistem.

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

1. Jumlah RAM yang digunakan

Perbedaan yang paling mendasar antara windows 32bit dan 64bit adalah jumlah RAM yang digunakan oleh perangkat komputer ataupun laptop. Tentunya Windows 32bit akan menggunakan pemakaian RAM lebih sedikit dibandingkan dengan Windows 64bit.

Penggunaan RAM untuk windows 32bit hanya mencapai 3,2 GB dan akan lebih optimal jika menggunakan RAM mencapai 1 - 2 GB. Sedangkan untuk windows 64, sudah dapat membaca hingga melebihi 4GB. Walaupun pada Windows basis 32bit dipasangkan RAM 4 GB, hanya akan dapat terbaca dibawah 4 GB saja.

2. Performa 32bit dan 64bit

Kemampuan pada prosesor akan menentukan perbedaan basis sistem 32bit dan 64bit. Windows yang berbasis 32bit dan dengan prosesor 32bit pula tentunya memiliki kemampuan dibawah windows yang berbasis 64bit. Sehingga yang menggunakan windows 32 bit hanya dapat menggunakan aplikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan windows 64 bit

3. Kemampuan Memproses Data

Tentunya windows 64bit akan lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan windows 32bit dalam memproses data.

4. Kompatibilitas Software

Ada beberapa software juga berbasis 32bit dan 64bit. Contohnya saja antivirus. Window 32bit hanya akan bisa menjalankan software dengan basis 32bit saja sedangkan 64bit kemungkinan bisa mengakses software 32bit. Kenapa saya bilang kemungkinan, karena ada juga beberapa software 32bit yang tidak bisa dijalankan oleh windows 64bit

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32bit dan 64bit

Kelebihan Windows 32bit

1. Dapat menjalankan aplikasi lama yang berbasis 16bit
2. Cocok untuk komputer lawas karena lebih kompatibel dengan software dan driver lama.
3. Dapat bekerja dengan optimal meski menggunakan RAM 2GB

Kekurangan Windows 32bit

1. Tidak bisa menggunakan RAM melebihi 4GB
2. Kebanyakan sotware baru tidak kompatibel dengan basis ini
3. Saat mengguanakan software berat kemungkinan besar akan terjadi lag

Kelebihan Windows 64bit

1. Membuat kinerja prosesor lebih optimal
2. Mengakses lebih cepat dan efesien
3. Cocok untuk menjalankan software-software terbaru

Kekurangan Windows 64bit

1. Tidak cocok digunakan pada PC lawa.

Nah, itulah sedikit kilasan mengenai perbedaan dan kelebihan serta kekurangan windows 32bit dan 64bit. Semoga saja bisa menjadi pertimbangan untuk sobat nantinya yang ingin menginstal basis sistem dari windows ini.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home